Dinas Pariwisata Bima Gelar Pelatihan Pemandu Wisata | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Dinas Pariwisata Bima Gelar Pelatihan Pemandu Wisata | SorotNTB

Rabu, 04 September 2024

Pelatihan Pemandu Wisata oleh Dinas Parawisata Kabupaten Bima 

Bima, SorotNTB.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Rabu (04/09/2024) menggelar Pelatihan pemandu Wisata Reckreaton/Theme Park Tahun 2024. 


Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Lila Graha Kota Bima selama tiga hari dan diikuti sebanyak 40 orang peserta pelaku usaha parawisata.


Kabid pengembangan Pariwisata Iwan  menyampaikan, pelaku parawisata di Kabupaten Bima ada beberapa seperti pokdarwis, perhotelan dan lainnya bisa memahami potensi wisata yang ada di Kabupaten Bima. 


Sebagai pelaku parawisata tugas kalian sangat penting untuk mempromosikan dan pengembangan wisata hingga ke tingkat Nasional.


Serap ilmu pada kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan wisata.

"Kalian praktekan ilmu yang di dapat untuk diterapkan di lapangan," inginya.


Dikatakannya adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) ditaman rekreasi. "Kita akan praktekan soal ini  di pantai Kalakii," terangnya.


Diingatkan agar para pemandu dan pelaku usaha wisata agar fakus menata parawisata dan kelola dengan baik sehingga bisa berkembang dengan baik.


Sementara itu, Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Bima Drs. Asalam Gani M.Pd menyampaikan saat ini pihaknya belum mampu mengembangkan pasriwata yang memiliki daya tarik orang banyak. Kita harus mencontohi lombok. Di lomkok itu banyak potensi wisata yang dikelola dengan baik sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara. 


Kami sedang berjuang untuk pengembangan parawisata Kabupaten Bima. Wisata ada Tambora-Sanggar. Perlu kita genjot tentang Desa wisata. Pokdarwis harus bisa mengembangkan Desa Wisata di tempat masing-masing yang ada di kabupaten Bima.


"Kalau tempat wisata kita baik ini akan berkelanjutan untuk anak cucu kita kedepan," harapanya.


Semoga menteri ini bisa diserap dan diaplikasikan dengan baik dilapangan sehingga bisa berkelanjutan. (SRT-01)